ACCURATE Tidak Dapat Terhubung Dengan License Manager – Kasus ini sering kali muncul pada setiap pengguna ACCURATE 5.  pada dasarnya Licensi Manager pada ACCURATE memang harus selalu terhubung dengan ALM yang sudah terinstal pada server perusahaan masing-masing dengan catatan 1 jaringan yang sama.

Pada ACCURATE 5 ini sistem licensingnya diatur oleh ACCURATE LICENSE MANAGER yang digunakan untuk menyimpan data informasi perusahaan serta informasi license apa saja yang dimiliki.

Terkadang saat pertama kali install dan membuka ACCURATE 5 nya ini muncul konfirmasi ACCURATE Tidak Terhubung Dengan License Manager.

ACCURATE Tidak Dapat Terhubung Dengan License Manager

ACCURATE Tidak Dapat Terhubung Dengan License Manager Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal

  1. Tidak terhubung dengan satu jaringan LAN dengan komputer yang di install ALM. Pastikan komputer Client sudah terhubung satu jaringan LAN.
  2. Ada Firewall (Windows Firewall) dan Antivirus (termasuk Windows Defender) yang masih aktif sehingga mem-block koneksi, matikan terlebih dahulu Firewall dan Antivirus yang masih aktif.
  3. IP Address komputer ALM tipenya Dynamic (berubah-ubah). Untuk hal ini mohon IP Address komputer ALM dibuat Static saja agar tidak berubah-ubah,
  4. ALM dan ACCURATE yang terinstall adalah versi lama. Silahkan install ALM dan ACCURATE 5 yang paling update pada link download berikut : Download.
  5. Terinstallnya ALM di komputer lain sehingga muncul error tsb, jadi ALM ini cukup diinstal di satu komputer saja pada lokasi/jaringan tsb. (Disarankan di instal di komputer server yang nyala lebih dahulu dan mati paling terakhir).

Apabila keempat hal di atas sudah diperiksa dan diperbaiki namun masih tidak terhubung. Maka lalukan langkah-langkah berikut :

1. Pada komputer ALM buka Control Panel | Administrative Tools | Services | ACCURATE5 License Manager | Restart service ini,

ACCURATE Tidak Dapat Terhubung Dengan License Manager

2. Pada komputer Client, buka Control Panel | Administrative Tools | Services | ACCURATE5 License Service | Restart service ini.

ACCURATE Tidak Dapat Terhubung Dengan License Manager

3. Cek Ping ke komputer ALM dari komputer Client, buka Command Prompt ( CMD ) di Windows lalu ketik ping IP Address komputer ALM. Contoh : ping 192.168.1.132 , pastikan Reply nya tidak Request Timed Out atau Destination Host Unreachable.

4. Buka Browser (Chrome, Mozilla, Opera) di komputer Client, lalu ketik IP Address komputer ALM tadi namun tambahkan :6688. Contoh : 192.168.1.132:6688 , pastikan bisa terbuka ALM nya di browser tsb.

5. Jika sudah terbuka dan license nya masih terdaftar di ALM namun pada ACCURATE 5 nya ternyata ter-Unregister maka silahkan Unregister manual dari ALM nya. Klik kiri dua kali pada license yang ingin di-Unregister lalu pilih Unregister, jika sudah maka silahkan Register kembali di ACCURATE 5 nya.

Sekian Tutorial mengenai ACCURATE Tidak Dapat Terhubung Dengan License Manager. bila ada yang kurang dimengerti mengenai TUTORIAL di ATAS  bisa menghubungi TIM support kami melalui email [email protected].