Menjadi konsultan akuntansi dapat datang dengan banyak fasilitas – jam fleksibel, manfaat pajak dan uang yang lebih baik. Namun, ada potongan-potongan tertentu dari teka-teki yang harus ada di tempat bagi Anda untuk mengalami kesuksesan di tanah wirausaha. Berikut ini beberapa kiat untuk menjadi konsultan akuntansi.

  • Pastikan 

Pertama dan terutama pastikan bahwa dunia wirausaha benar-benar cocok untuk kepribadian dan keahlian Anda. Terhubung dengan konsultan lain dan tanyakan tantangan apa yang mereka hadapi. Ketahuilah bahwa Anda meninggalkan peran yang terdefinisi dengan baik untuk lingkungan yang lebih ambigu. Terimalah bahwa orang-orang “membeli” keahlian Anda dan bahwa mereka tidak akan berinvestasi dalam diri Anda seperti halnya pada karyawan tetap.

  • Tentukan Apa yang Membuat Anda Dapat Dipasarkan

Katakanlah Anda telah menjadi Direktur FP&A selama 5 tahun terakhir. Anda telah menjadi guru penganggaran dan perkiraan. Perangkat keterampilan inilah yang membuat Anda dapat dipasarkan. Untuk itulah Anda akan disewa. Yang sedang berkata, ada cara lain untuk menghasilkan nilai bagi calon atasan Anda. Pahami daftar keinginan mereka. Posisikan diri Anda bukan hanya sebagai fungsionaris, tetapi sebagai konsultan sejati yang dapat memenuhi apa yang dibutuhkan perusahaan, dan apa yang mereka inginkan.

  • Jaringan

Peran kontrak memiliki tanggal mulai dan berakhir yang ditentukan. Ini berarti Anda akan bertanggung jawab untuk mencari peluang berikutnya. Kunci untuk mengamankan aliran peran yang stabil adalah jaringan sebanyak mungkin.

  • Bertemu dengan sebanyak mungkin perekrut keuangan dan akuntansi bahkan ketika Anda sedang bekerja – bertemu dengan perekrut yang berspesialisasi dalam posisi permanen dan kontrak
  • Jangkau orang-orang dengan siapa Anda melakukan penunjukan Anda
  • Terhubung dengan mantan rekan kerja, atau dengan orang yang bekerja untuk pesaing Anda
  • Lihat setiap pertemuan sebagai kesempatan untuk membangun merek profesional Anda dan mengungkap peluang – tetapi ingat, fokuslah pada orang lain dan memperdalam hubungan.
  • Fokus pada industri Anda
  • Pergi minum kopi dengan rekan terdekat Anda terlebih dahulu dan jangan pergi sampai Anda memiliki pengantar untuk kontak lain

Menjadi konsultan akuntansi memang menawarkan sejumlah manfaat seperti jam kerja yang fleksibel dan gaji yang lebih menguntungkan. Ini juga membawa serta tantangan spesifik dan jelas tidak cocok untuk kepribadian yang lebih suka rutinitas yang dapat diprediksi. Pastikan bahwa dunia konsultasi masuk akal untuk siapa Anda. Pahami apa yang membuat Anda dapat dipasarkan dan bahwa majikan mempekerjakan Anda untuk keahlian khusus itu. Ketahuilah bahwa Anda akan bertanggung jawab untuk mendapatkan sumber dari setiap pekerjaan dan pastikan Anda berjejaring secara konsisten.