Rekonsiliasi Bank di Accurate | Rekonsiliasi Bank adalah suatu prosedur pengendalian terhadap kas di Bank dengn membandingkan catatan kas perusahaan secara priodik Bank mengirimkan laporan berupa kas statement yang berisi semua transaksi penyetoran selama priode tertentu. Rekonsiliasi bank dilakukan untuk menunjukan dan menjelaskan adanya perbedaan antara catatan kas menurut bank dan menurut perusahaan. Jika perbedaan dihasilkan dari transaksi yang belum dicatat bank, maka catatan perusahaan dianggap benar. Sebaliknya, jika perbedaan dihasilkan dari kesalahan dalam catatan perusahaan dan catatan bank, maka diperlukan penyesuaian. Lalu bagai mana cara melakukan rekonsiliasi bank di accurate? Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

Berikut Langkah-langkah untuk membuat Rekonsiliasi Bank di Accurate ( Bank Reconcile ) di Accurate.

  1. Dari Activitas | Cash/Bank | Bank Reconcile
  2. Pilih Bank yang akan di rekonsiliasi
  3. Set tanggal Reconcile Date. Tgl rekonsiliasi identik dengan saldo Rekening Koran yang sedang kita mau rekonsiliasi dengan pencatatan kita di Accurate. Misal yang sedang dipegang adalah Rek Koran per 30 September 2019, maka isi rekonsliasi date dengan tgl tsb.
  4. Isi field New Statement Balance. Diisi dengan saldo Rek Koran per tgl Reconcile Date ( poin 3 diatas )
  5. Centang kolom Clear yang ada disetiap baris transaksi bank tsb jika transaksi tsb sudah sesuai dengan rek koran.

Baca juga : Manfaat Audit dan Pengertian Audit

Catatan :

  1. Calculate Statement Balance adalah saldo akuntansi dari semua transaksi yang sudah kita Clear dari awal sd rekonsiliasi sekarang ini atas Bank bersangkutan.
  2. Jika ditemukan ada Clear yang warna merah di baris transaksi tertentu, ini karena transaksi tsb sudah di rekonsiliasi di tgl Reconcile Date didepan tanggal Reconcile Date yang sedang kita jalankan. Missal sekarang sedang rekoncil tgl 30 september, namun per 1 september kita sudah rekonsiliasi dan clear transaksi tsb.
  3. Jika ditentukan transaksi yang ada di rekening Koran dan di Accurate belum ada, silakan diinput di accurate dari form transaksi biasanya transaksi tsb diinput.
  4. Jika sebaliknya, jika diperlukan adjustment silakan buat adjustment, atau barang kali revisi transaksi di accurate, tgl nya barangkali dll
  5. Jadi pada dasarnya rekonsiliasi disini tidak pengaruh ke laporan keuangan, hanya tools untuk membantu kita bisa samakan dengan rek Koran.

Bila Anda belum paham mengenai tutorial ” Cara Rekonsiliasi Bank di Accurate ” Anda bisa menghubungi tim support kami di email : [email protected]