Perkembangan teknologi masa kini sedikit banyak telah mempengaruhi gaya dan cara berbisnis. Beragam peralatan berteknologi canggih tersedia untuk membantu mempermudah pekerjaan anda. Media sosial sebagai salah satu senjata dalam menghadapi persaingan bisnis online yang kian ketat tentunya menjadi bagian yang harus selalu diperhatikan. Pesatnya perkembangan media sosial dapat menjadi salah satu kunci kesuksesan bisnis bila dimanfaatkan secara maksimal.

Sudah tak diragukan lagi, fungsi jejaring sosial sekarang telah beralih dari ajang pertemanan menjadi arena untuk para pembisnis online. Lihat saja, berbagai produk baik barang maupun jasa di dipromosikan dan marak dijual lewat sejumlah media sosial.

Sekarang ini, banyak digital marketer yang melakukan banyak strategi sebagai cara berbisnis online melalui media sosial.

Sebagai pengusaha, Anda pasti tahu kekuatan penggunaan media sosial dalam meningkatkan prospek bisnis yang tengah dijalani. Maka bagi Anda yang ingin berbisnis lewat media sosial, berikut  Beberapa media sosial yang bisa anda manfaatkan untuk mempromosikan bisnis anda :

1. Instagram

Baru-baru ini Media sosial satu ini sekarang sedang menjadi primadona media bisnis online. Selain karena bisa menampakkan foto produk juga karena caption yang bisa ditulis dengan lebih panjang dibandingkan Twitter. Kemudahan Instagram yang  mudah diakses dari ponsel sedang menjadi media sosial pendongkrak eksistensi paling tinggi di kalangan anak muda. Instagram menjadi media mempromosikan produk dan bisnis dengan mudah karena calon konsumen pun lebih banyak berkumpul di media sosial ini. Hashtag adalah salah satu cara yang mujarap sebagai media promosi yang luar biasa jika Anda menggunakan Instagram sebagai media bisnis. Selain itu, berinteraksi dengan para pelanggan juga menjadi salah satu trik yang bisa membuat pelanggan menaruh perhatian lebih pada bisnis Anda.

2. Facebook

Media sosial ini masih menjadi pilihan banyak orang untuk menjalin komunikasi dengan rekan dan keluarga. Banyaknya pengguna facebook salah satu alasan mengapa Facebook menjadi media sosial yang banyak dijadikan media promosi online selain di situs bisnis. Penggunaan Facebook sebagai media promosi terbilang relatif mudah oleh para pemain bisnis online bahkan tidak sedikit dari para pebisnis yang sudah memiliki toko fisik pun memanfaatkan Facebook sebagai media promosi produk.

Tak jarang pembisnis yang sukses bermula dari mengenalkan produk mereka melalui Facebook. Bagaimana cara agar promosi melalui Facebook cukup sukses? Per 1, pastikan halaman utama Facebook Anda menarik konsumen karena hal ini akan menjadi daya tarik yang membuat calon konsumen memberikan Like. Like inilah yang menjadi langkah kedua yang harus Anda dapatkan sebanyak mungkin. Ketiga, jangan lupa untuk mengenali target pelanggan dengan megenali orang-orang yang memiliki ketertarikan dengan halaman Facebook Anda. Terakhir, fokuslah untuk membuat konten yang menarik.

Baca Juga : ” Cara Meningkatkan Omset Penjualan “

3. Kaskus

Media sosial yang satu ini tidak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam mempromosikan produk. Kaskus dikenal sebagai market place yang banyak digunakan untuk berjualan dan dianggap sebagai media sosial paling ampuh untuk berbisnis terlebih dengan hadirnya Forum Jual Beli. Memang perlu Anda ketahui bahwa tidak mudah melakukan promosi dan bisnis di Kaskus karena banyaknya penipuan dari bisnis online yang bermula di media sosial ini namun bukan berarti tidak mungkin Kaskus dijadikan media bisnis yang ampuh.

4. LinkedIn

Situs ini tempat terbesar untuk resume , dan membaca blog beroriantasi kasir dan berita. Situs ini baik digunakan untuk mempekerjakan, dan jaringan untuk mengjangkau klien potensial. Setiap orang pun dapat menggunakan situs ini terutama perusahaan mencari pelanggan baru.

Untuk memaksimalkan jaringan ini,anda dapat menjalin hubungan dengan karyawan potensial berkualitas tinggi. Bergabung dengan Linkedln juga berhubungan dengan perusahaan.

Sebaiknya Anda juga jangan terlalu banyak menghabiskan waktu dengan menawarkan produk dan jasa.

5. Youtube

Situs ini memiliki lebih dari 1 miliar pengunjung yang unik setiap bulan. Anda dapat menggunakan situs ini untuk membangun kredibilitas dengan menampilkan pengetahuan dan keterampilan.

Setiap orang dapat menggunakan situs ini. Penasehat keuangan, pengacara, dan profesional pemasaran dapat merekam sendiri menawarkan tips berharga, dan perusahaan periklanan untuk menampilkan kreativitas mereka.

Untuk memaksimalkan situs ini, Liz Joste, co-owner of Eli Rose Social Media menuturkan, buatlah daftar dari 10 pertanyaan yang paling sering ditanyakan dalam industri Anda, dan film sendiri menjawab mereka. pastikan mengoptimalkan video dengan kata kunci sebanyak mungkin.

Memulai bisnis diera digital seperti saat ini memang tidak perlu memiliki modal yang besar hanya perlu memiliki kemauan belajar agar bisa memanfaatkan media online untuk mempromosikan barang jualan anda.